fbpx

Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Syariat Islam

Artikel

tata cara menyembelih hewan qurban

Tata cara menyembelih hewan qurban memang tidak bisa diabaikan begitu saja, apalagi jika disesuaikan dengan syariat islam. Ada beberapa syarat atau rukun yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum melakukan penyembelihan.

Apalagi qurban sendiri merupakan sebuah ibadah dalam agama islam yang sangat dianjurkan untuk dilakukan bagi Anda yang mampu. Jadi, tidak sembarangan melakukannya. Oleh karena itu, Anda bisa memperhatikan beberapa informasi terkait di bawah ini!

Syarat/Rukun Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban

Penyembelih Harus Muslim

Seperti yang sudah diketahui bahwa ibadah qurban merupakan salah satu ibadah dalam agama islam, sudah tentu yang menyembelih hewan qurban harus beragam islam atau seorang muslim. Namun, tidak bisa sembarangan semua muslim melakukannya. Hanya muslim tertentu yang sudah memenuhi syarat seperti baligh atau sudah dewasa dan berakal. 

Hewan yang Dianjurkan Disembelih

Hewan qurban sendiri juga tidak bisa asal dipilih. Tidak semua hewan berkaki empat bisa digunakan sebagai hewan qurban. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan cukup atau tidaknya dengan kebutuhan masyarakat, tapi juga kadar gizi yang diberikan saat dikonsumsi. 

Seperti sapi, kambing, kerbau, domba hingga unta juga perlu dipilih dengan teliti dan layak untuk disembelih. Layak yang dimaksud disini adalah dalam keadaan sehat, tidak kurus, tidak cacat, dibeli menggunakan hasil yang halal, dan status kepemilikan yang jelas. 

Alat yang Digunakan Tajam

hewan qurban
hewan qurban 2023hewan qurban 20

Dalam syariat islam, tidak hanya memberikan peraturan terkait dengan hewan qurban saja, tapi juga pada alat yang digunakan. Seperti yang diketahui bahwa alat yang mungkin dan bisa digunakan dengan mudah adalah pisau yang tajam, tidak tumpul apalagi berkarat.

Mengapa demikian? Tujuannya adalah islam melarang keras menganiaya hewan, meskipun hewan tersebut harus disembelih untuk qurban, setidaknya sembelih dengan cepat sehingga hewan tersebut tidak merasakan sakit yang berkepanjangan saat disembelih. Selain pisau, Anda bisa menggunakan golok dengan syarat golok tersebut benar-benar tajam. 

Usia Hewan Sudah Cukup

Selain masalah alat dan siapa yang menyembelih, tata cara menyembelih hewan qurban juga memperhatikan bagaimana usia layak dari hewan tersebut. Dimana usia yang diharuskan adalah 1-5 tahun yang dapat ditandai salah satunya dengan giginya yang sudah berganti. 

Namun, usia ideal ini dibedakan berdasarkan jenis hewan yang Anda pilih untuk dijadikan hewan qurban.

Melakukan Niat Karena Allah

Salah satu syarat dan menjadi pusat dari sahnya penyembelihan hewan qurban Anda adalah niat. Tujuan dari hal ini dilakukan tentu untuk mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Jadi bisa dipastikan bahwa hewan tersebut dikurbankan bukan untuk tujuan kain seperti tumbal dan sesajen persembahan.

Tata Cara Menyembelih Qurban Berdasarkan Syariat Islam

Apabila Anda sudah mengetahui dan memenuhi syarat dalam menyembelih hewan qurban, Anda bisa memulai menyembelih hewan qurban. Namun, Anda tidak bsia asal dalam menyembelihnya. Ada beberapa tata cara menyembelih Qurban yang harus terpenuhi, seperti berikut.

Waktu Penyembelihan

Menyembelih hewan qurban tidak bisa dilakukan begitu saja sesuai dengan hari yang kita inginkan. Ada beberapa tanggal khusus yang bisa dilakukan hanya satu kali dalam setahun.

Waktu penyembelihan hewan qurban ini tepat pada tanggal 10-13 Dzulhijjah atau 4 hari sejak hari raya Idul Adha dirayakan. Dan tidak boleh dilakukan melebihi tanggal 13 Dzulhijjah saat matahari terbenam.

Arah Hadap

Tata cara menyembelihan qurban juga didasari dengan arah hadap hewan tersebut saat disembelih. Dimana hewan qurban harus menghadap ke arah kiblat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk hewan qurbannya saja, tapi juga berlaku bagi si penyembelih.

Sedangkan untuk posisi hewan yang akan disembelih haruslah berbaring. Disini hewan juga tidak asal dibaringkan begitu saja, melainkan harus memposisikan lambung hewan bagian kiri berada di atas, agar kepalanya menghadap ke arah kiblat.

Awali dengan Bismillah

Meskipun hewan qurban yang akan disembelih tergolong halal untuk dikonsumsi manusia, tapi jika dalam proses penyembelihannya tidak sesuai, maka bisa jadi hewan tersebut justru haram dikonsumsi.

Islam memiliki aturan khusus dimana dalam proses penyembelihan haruslah diawali dengan bacaan basmalah. Hal ini tidak hanya berlaku pada saat menyembelih hewan qurban saja, tapi juga saat menyembelih hewan di hari-hari lain.

Membaca basmalah ini tidak boleh diwakilkan, dalam kata lain saat penyembelih melakukan penyembelihan, harus benar-benar mengucapkan basmalah. 

Bacaan Sholawat

Selanjutnya, tidak hanya dengan basmalah saja, Anda bisa melanjutkan dengan membaca sholawat nabi. Tidak hanya sekali saja, Anda bisa mengucapkan 3 kali dengan tubuh menghadap ke arah kiblat. Tidak perlu mengucapkan bacaan sholawat yang panjang, Anda hanya perlu mengucapkan bacaan sholawat yang singkat agar konsentrasi Anda tetap terjaga. 

Cara Sembelih

Kini tiba pada proses penyembelihan hewan qurban. Dalam menyembelihnya sendiri tidak bisa asal memotong. Ada tiga saluran penting yang harus Anda perhatikan dan benar-benar terputus. Namun, terputusnya tiga saluran tersebut harus dalam satu kali sayatan. Perlu diingat lagi bahwa, penyembelihan hewan qurban tidak boleh sampai putus kepala. Beberapa ulama menyebutkan hewan yang disembelih sampai putus kepala, hukum untuk mengkonsumsinya adalah makruh, tetapi ada ulama yang menganggapnya haram.

Saluran tersebut adalah saluran pernafasan (Hulqum), saluran makanan (Mari’), dan dua pembuluh darah yang terdiri dari vena jugularis dan arteri karotis (Wadajaain). Lokasi seluruh saluran tersebut biasanya berada di bagian bawah jakun atau pada bagian depan leher hewan. 

Jadi usahakan petugas yang menyembelih hewan qurban harus benar-benar sudah ahli agar tidak terjadi kesalahan dan justru menyakiti hewan qurban. 

Kumandangkan Takbir

Selanjutnya adalah mengumandangkan takbir. Dalam proses penyembelihan tersebut sebaiknya takbir tidak diucapkan oleh penyembelih saja, tapi juga dengan seluruh warga yang bertugas melakukan gotong royong menyembelih hewan. Sebaiknya pengucapan takbir ini dilakukan sebanyak tiga kali.

Baca Doa Qurban

Jika yang melakukan penyembelihan adalah orang yang memiliki hewan qurban tersebut maka selanjutnya setelah pembacaan takbir, bisa membacakan doa untuk dirinya sendiri. Namun, jika ditemukan bahwa yang menyembelih bukanlah pemilik dari hewan qurban tersebut. Maka pembacaan doa tersebut bisa diwakilkan dengan si penyembelih.

Tata cara menyembelih qurban memang harus dilakukan sesuai dengan ketentuan syariat islam agar hewan yang disembelih sah untuk dikonsumsi. Beribicara dengan syariat islam, Saat ini, sudah banyak peternakan hewan qurban yang menawarkan layanan yang sesuai dengan syariat Islam.

Salah satunya adalah BaqaraFarm, yaitu peternakan sapi qurban dengan prinsip syariah dan muamalah. Baqara Farm menyediakan berbagai jenis sapi yang aman, sehat, utuh, dan halal. Selain itu, peternakan ini juga telah bersertifikasi bebas PMK sehingga keamanan dan kesehatan sapi qurban yang disediakan tidak perlu diragukan lagi.

Jadi, jika Anda membutuhkan sapi qurban yang halal, kunjungi situs Baqara Farm dan nikmati kemudahan dalam beribadah atau jika ingin bertanya, bisa langsung klik link disini!

Post Tags :

hewan qurban, Sapi Qurban, tata cara menyembelih hewan qurban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Follow Us

Newsletter

Form Order

*isi sesuai data diri Anda.