fbpx

Simak 5 Syarat Hewan Qurban yang Wajib Dipenuhi!

Artikel

Syarat hewan qurban

Menjelang akan diadakannya Idul Adha, tentu syarat hewan qurban menjadi perhatian lebih. Tidak hanya sekedar berqurban, Anda tentu ingin memberikan hewan qurban yang terbaik. Apalagi jika Anda akan memberikan hasil hewan qurban tersebut ke sanak saudara.

Oleh karena itu, Anda harus memilih dengan cermat mengenai kualitas hewan qurban yang akan disembelih. Jadi, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Lalu bagaimana sebenarnya cara memilih dan melihat kualitas pada hewan? Berikut informasi lebih jelasnya!

Syarat Hewan Qurban dalam Islam

Memilah hewan qurban memang tidak bisa asal dilakukan. Terdapat syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi jika dikaitkan dengan hewan yang akan disembelih untuk berqurban. Ketentuan-ketentuan ini memang diharuskan, karena berqurban merupakan salah satu bagian dari ibadah dalam islam.

Masuk dalam Bahimatul An’am

Dalam islam disebutkan dari sebuah hadist bahwa hewan yang dapat disembelih untuk berqurban adalah yang termasuk dalam bahimatul an’am. Yang dimaksud dari golongan hewan tersebut diantaranya adalah unta, sapi, kambing dan domba.

Keempat hewan tersebut juga harus dipilih dengan benar dan tidak diperbolehkan jika dalam keadaan sakit.

Diperoleh Secara Halal

Hewan bisa didapatkan dengan berbagai jenis, mulai dari beternak, membeli dari peternakan atau lembaga dan banyak cara lainnya. Tidak hanya memikirkan hewannya saja, bagaimana hewan tersebut diperoleh juga menjadi pertimbangan yang krusial untuk dilakukan.

Setidaknya, hewan yang Anda dapatkan haruslah jelas dari mana asalnya. Cara mendapatkannya pun harus dengan jual beli yang sah atau halal, bukan hasil mencuri apalagi judi atau hasil curian.

Sehat dan Tidak Cacat

Fisik merupakan hal yang utama dalam memilih hewan qurban. Bahkan bisa dikatakan syarat hewan Qurban yang satu ini tidak boleh dilewatkan dan harus benar-benar diperhatikan. Hewan qurban tidak diperkenankan cacat atau kurang sehat. Bahkan ciri fisik yang cacat dibedakan menjadi 4 jenis, seperti:

  • Salah satu mata hewan tersebut buta atau tidak bisa melihat
  • Sakit atau terjangkit suatu virus
  • Salah satu kakinya pincang atau tidak bisa digunakan berjalan dengan baik
  • Kurus dalam artian bagian tulang sum-sumnya sampai tidak terlihat

Usia Sesuai Syarat Hewan Qurban

Tak hanya dari segi fisik, bahkan usia hewan qurban juga menjadi perhatian yang harus Anda tandai. Didalam islam sendiri, usia hewan ini sudah diatur dan terdapat patokan berdasarkan jenis hewan yang dipilih atau akan digunakan sebagai qurban.

  • Unta genap berusia 5 tahun atau masuk tahun keenam
  • Sapi genap masuk 2 tahun atau masuk tahun ketiga
  • Kambing yang genap berusia 1 tahun atau masuk tahun kedua
  • Domba genap berusia 6 bulan atau masuk bulan ketujuh

Qurban dengan Patungan

Ibadah qurban ini bisa dikatakan sebagai ibadah yang krusia untuk dilakukan oleh umat islam. Namun, sangat disayangkan strata ekonomi masing-masing orang tidaklah selalu stabil. Oleh karena itu, ada jenis hewan qurban yang bisa diniatkan untuk maksimal 7 orang.

Hewan tersebut adalah unta dan sapi. Bedanya, unta diperbolehkan untuk niat berqurban 10 orang sekaligus. Sedangkan untuk kambing atau domba hanya diperbolehkan untuk individu saja.

Tips Memilih Hewan Qurban

Dalam memilih hewan qurban, tentu Anda benar-benar tidak ingin salah pilih, sehingga memperhatikan dengan cermat hewan qurban sangat diperlukan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda gunakan sebagai patokan untuk membeli hewan Qurban.

Perhatikan Umur Hewan

Hewan Qurban yang sebaiknya Anda pilih sebagaimana yang disebutkan sebelumnya adalah 12-18 bulan untuk kambing dan domba. Sedangkan untuk sapi adalah 22 bulan. Ada baiknya, jika Anda menanyakan ke penjual hewan tersebut berapa usianya jika memang tidak dijelaskan dari papan display berapa usianya.

Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Fisik hewan qurban yang sehat dapat ditandai dengan nafsu makan hewan tersebut. Itulah sebabnya memilih hewan qurban di peternakan akan ajuh lebih baik, sehingga sehat atau tidaknya bisa diperhatikan dengan baik.

Biasanya jika Anda membelinya di peternakan, Anda akan diperlihatkan saat proses pemberian pakan juga sehingga Anda bisa memperhatikan apakah hewan tersbeut lahap atau tidak.

Berasal dari Tempat yang Jelas

Tempat hewan qurban berasal juga menjadi aspek yang krusial dan harus diberikan perhatian penuh. Dimana hal ini menjadi penentuan apakah hewan yang akan Anda jadikan qurban halal atau tidak.

Syarat hewan Qurban bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang krusial. Dimana jika syarat-syarat tersebut tidak terpenuhi dengan benar, maka ibadah qurban tersebut terbilang kurang sah.

Oleh karena itu, memastikan dengan baik mengenai hewan qurban itu sangat dianjurkan. Salah satu hewan qurban yang sering digunakan berqurban adalah sapi. Salah satu sapi terbaik yang bisa dijadikan qurban adalah hasil dari peternakan Baqara Farm. Peternakan ini sudah menangani ratusan ribu hewan ternak khususnya untuk qurban dan dirawat dengan baik sehingga menghasilkan daging yang berkualitas.

Baqara Farm juga menjalankan sistem jual beli berdasarkan syariat Islam, yang menggunakan sistem muamalah, sehingga terjamin aman dan halal, untuk informasi harga dan detail sapi Qurban segera klik disini Update Harga Sapi Qurban 2023

Post Tags :

harga qurban, harga sapi qurban, hewan qurban, Sapi Qurban, syarat qurban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Follow Us

Newsletter

Form Order

*isi sesuai data diri Anda.