fbpx

Sapi Simmental dan Sapi Limosin, Ini 7 Perbedaannya untuk Qurban!

Artikel

Sapi Simental dan Sapi Limosin

Sapi simmental dan sapi Limosin merupakan dua jenis sapi yang kerap kali menjadi favorit kebanyakan orang untuk berkurban. Selain dagingnya yang tergolong banyak dan bergizi, kualitas kedua sapi ini juga tidak kaleng-kaleng.

Meskipun demikian, banyak dari keduanya yang sulit dibedakan oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan dari segi fisik, keduanya relatif sama dan memiliki warna yang sama pula. Jadi, secara garis besar masih banyak orang yang terkecoh dengan kedua jenis sapi ini. Untuk memastikan Anda mampu membedakannya, Berikut merupakan beberapa informasi yang mendukung agar Anda mengetahui apa saja perbedanannya.

Perbedaan Sapi Simmental dan Sapi Limosin

Sapi simmental dan sapi limosin merupakan dua sapi dengan ras yang berbeda dan populer di banyak peternakan sapi. Beberapa perbedaan yang cukup signifikan diantaranya adalah:

Asal dan Sejarah

Perbedaan pertama dari jenis kedua sapi ini adalah asal dan sejarah. Dimana sapi simmental berasal dari wilayah Simmental di pegunungan Alpen, Swiss. Sapi ini dikembangkan pada abad ke-19 sebagai sapi yang pekerja dan penghasil susu terbaik. Pada akhirnya, sapi ini dikembangkan hingga menjadi sapi penghasil daging yang terkenal.

Sedangkan sapi limosin berasal dari negara Prancis dan dikembangkan sejak zaman kuno dan digunakan sebagai sapi pekerja. Sapi ini digunakan sebagai sapi pekerja di bidang pertanian yang kemudian pada abad-19 diadakan pemilihan yang selektif untuk meningkatkan kualitas daging sapi ini.

Fisik Sapi Simmental dan Sapi Limosin

Secara fisik kedua sapi ini jika diteliti lebih dalam, memiliki beberapa perbedaan. Sapi simmental biasanya memiliki postur tubuh yang besar dan lebih berotot. Dari segi warna sapi ini memiliki variasi warna yang berbeda-beda. Tak jarang sapi ini memiliki warna kombinasi mulai dari putih, hitam hingga cokelat.

Sementara itu, untuk sapi Limosin memiliki postur tubuh yang panjang dan berotot. Dari warna bulu sapi ini memiliki perbedaan mulai dari merah atau cokelat pada bagian tubuh dengan sedikit warna putih di bagian perut dan kepala.

Kualitas Daging

Jika berbicara mengenai kualitas daging, kedua sapi ini memang juaranya. Namun, tentu saja ada perbedaan dari keduanya. Sapi simmental dainggap mempunyai kualitas yang sangat baik. Daging yang dihasilkan cenderung berlemak dan memiliki marbling yang bagus.

Tak hanya itu, daging simmental memiliki tekstur yang halus dan rasanya yang lezat. Sapi limosin juga dikenal memiliki kualitas yang bagu dan menghasilkan daging yang rendah lemak dan berotot. Dari segi warna, daging limosin memiliki warna yang lebih merah daripada daging simmental.

Penggunaan

Dari penggunaan, sapi simmental digunakan untuk menghasilkan daging yang baik dan menjadi persilangan dengan ras sapi lain dengan tujuan meningkatkan kualitas daging. Bahkan sapi ini memiliki bisa digunakan untuk produksi susu.

Berbeda dengan sapi simmental, sapi limosin memang secara khusus dikembangkan sebagai penghasil daging. Biasanya sapi ini juga digunakan sebagai persilangan dengan sapi lain untuk meningkatkan kualits ternak sapi lain.

Karakteristik Reproduksi

Jika dilihat dari karakteristik reproduksi, sapi simmental memiliki tingkat fertilitas uang bagus dan mampu menghasilkan jumlah anak yang lebih banyak dalam satu kali kehamilan.

Untuk sapi limosin, cenderung memiliki tingkat fertilitas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan sapi simmental. Namun, meskipun demikian, anak-anak sapi yang dihasilkan oleh sapi limosin cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dan berat dibanding anak sapi simmental.

Toleransi terhadap Cuaca

Jika dikaitkan dengan cuaca, sapi simmental cenderung lebih tahan dengan cuaca, terutama cuaca yang cenderung dingin. Meskipun ditempatkan di wilayah yang cuacanya berbeda, sapi ini lebih cepat beradaptasi dengan baik.

Sedangkan sapi limosin lebih sensitif terutama dengan cuaca panas dan tidak sekuat sapi simmental. Apalagi jika dihadapkan dengan suhu yang tinggi, sapi limosin jauh lebih ringkih.

Kecocokan Lingkungan

Sapi simmental memiliki kecenderungan cocok dalam berbagai jenis lingkungan. Baik daerah berbukit, dataran rendah hingga pegunungan sekalipun, sapi ini mampu bertahan hidup dengan baik. Bahkan, sapi ini cenderung memiliki toleransi yang tinggi terhadap kondisi pakan yang bervariasi.

Sedangkan jenis sapi limosin memiliki kecenderungan mampu hidup dengan baik di lingkungan yang subur dan memiliki pakan yang berlimpah. Namun, jenis sapi ini membutuhkan kualitas pakan yang bernurtrisi tinggi untuk menghasilkan daging yang berkualitas, sehingga tidak bisa diberikan pakan yang bervariasi layaknya sapi simmental. Bahkan jenis dan kandungan nutrisi pada pakan, mampu mempengaruhi potensi genetik yang dihasilkan oleh sapi limosin.

Sapi simmental dan sapi limosin memang sapi yang memiliki kualitas tinggi. Banyak penjual sapi dari Indonesia dan penjual luar negeri lainnya. Salah satu penjual sapi di Indonesia yang juga menjual sapi simmental dan sapi limosin dengan kualitas tinggi adalah Baqara Farm.

Baqara Farm menjalankan sistem jual beli berdasarkan syariat Islam, yang menggunakan sistem muamalah, sehingga terjamin aman dan halal, untuk informasi harga dan detail sapi Qurban segera klik disini Update Harga Sapi Qurban 2023

Post Tags :

Baqara Farm, Sapi Limosin, Sapi simmental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Follow Us

Newsletter

Form Order

*isi sesuai data diri Anda.