fbpx

5 Jenis Sapi Qurban Terbaik di Tahun 2023

Artikel

Jenis Sapi Qurban

Jenis sapi qurban memang tidak ada habisnya. Mulai dari rasa dagingnya yang lembut hingga kualitasnya yang menghasilkan gizi juga turut menjadi faktor terpilihnya sebuah hewan kurban.

Jika membicarakan mengenai jenis sapi untuk qurban, memang ada banyak jenis yang sering menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam menunaikan ibadah qurban ini. Namun, perlu diperhatikan bahwa jenis-jenis sapi ini tidak bisa asal dipilih menjadi hewan qurban.

Mengapa? ada banyak hal yang harus diperhatikan dan patut dihindari, terutama jika tidak memenuhi persyaratan hewan qurban dalam syariat islam. Disamping itu, kualitas daging juga menjadi salah satu bahan pertimbangan. Untuk itu, jika Anda tidak ingin salah dalam memilih sapi qurban, ada baiknya simak beberapa pembahasan menarik dibawah ini!

Jenis Sapi Qurban Terbaik Tahun Ini!

Dengan datangnya hari raya Idul Adha membuat Anda berbondong-bondong menentukan pilihan hewan qurban yang bisa dipilih, salah satunya adalah sapi. Hewan besar ini sering dipilih karena dagingnya yang banyak dan mampu digunakan oleh 7 nama sekaligus dalam syariat islam. 

Ada beberapa jenis sapi qurban yang marak dipasaran dan menjadi pilihan banyak orang. Beberapa jenis sapi tersebut diantaranya adalah: 

Limosin

Jenis sapi Qurban pertama adalah sapi Limosin. Sapi ini merupakan salah satu jenis sapi yang sering menjadi langganan qurban. Sapi ini dinamakan demikian karena asalnya dari daerah bernama Limousin, Prancis dan sudah tersebar hampir di seluruh dunia. Berat dari sapi ini berkisar pada 600 kg hingga 900 kg, tergantung dari kondisi dan usia sapi. 

Sapi ini biasanya mudah ditandai dengan ukuran badannya yang lebih besar dan terlihat kuat dengan warna bulu yang coklat kemerahan atau dominasi hitam dan putih. Kualitas dari daging sapi Limousin ini sangatlah baik. Dagingnya cenderung tebal dan memiliki lemak.

Simmental

Jenis sapi Qurban selanjutnya adalah sapi Simmental yang berasal dari pegunungan Swiss dan Austria. Badan hewan ini juga besar dan kuat dengan warna bulu yang sama dengan sapi Limousin. Namun, yang membedakan adalah sapi ini memiliki tanduk yang besar dan melengkung ke atas. 

Daging dari sapi ini juga dikenal lezat dengan daging tebal dan berlemak. Sapi ini biasanya lebih cocok dibudidayakan menjadi hewan ternak dalam skala besar. Namun, dalam budidayanya, diperlukan beberapa perawatan khusus yang cukup insentif. Meskipun demikian, sapi ini bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda yang ingin memelihara sapi untuk berqurban. Berta sapi Simmental ini bervariasi mulai dari 900-1200 kg untuk pejantan dan 600-800  kg untuk betina.

Kupang

Sesuai dengan namanya, Sapi ini berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sapi khas Indonesia ini memiliki ciri tubuh yang besar dan kuat dengan warna bulu hitam legam atau coklat gelap. Disertai dengan tanduk yang panjang dan melengkung ke atas. 

Sapi jenis ini cenderung lebih bisa bertahan pada iklim kering dengan pertahanan yang cukup kuat di cuaca panas. Tak hanya itu, sapi jenis ini juga mampu menghasilkan susu sapi dengan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan manusia. 

Untuk perawatannya sendiri tidaklah rumit. Anda hanya perlu memperhatikan ketersediaan air dan pakan yang cukup. Untuk ukuran sapi dewasa, sapi Kupang jantan memiliki berat berkisar 250-350 kg, sedangkan jenis betina memiliki berat 200-250 kg.

Ongole

Sapi Ongole atau biasa disebut juga dengan sebutan sapi Brahman Ongole merupakan jenis sapi yang paling banyak dipilih ketika hari raya qurban. Sapi ini berasal dari India dan memiliki ciri khusus dengan tubuh yang tinggi besar dan kuat dan memiliki tanduk yang cukup besar melengkung ke atas. 

Sapi ini sering dipilih dalam berqurban dikarenakan tekstur dagingnya yang lembut dan memiliki rasa yang enak. Tak hanya itu, dalam kandungan gizi pada daging sapi jenis ini jauh lebih banyak seperti adanya kandungan protein, Vitamin D hingga kalsium yang cukup besar.  

Sapi jenis ini juga memiliki variasi berat yang dibedakan dari jenis kelamin. Untuk jenis pejantan memiliki berat 600-800 kg, sedangkan 350-500 kg untuk betina.

Brahman

Jenis sapi qurban terakhir adalah jenis Brahman. Sapi ini juga berasal dari India dengan ciri-ciri badan yang besar berbulu pendek-pendek dan memiliki bokong yang lebar. Kepala sapi ini juga besar dan cenderung bertanduk besar melengkung ke atas. 

Sapi jenis ini juga mampu bertahan di kondisi iklim kering dengan tingkat kekeringan yang tinggi dan cuaca yang panas. Sapi ini sering sekali memiliki kualitas daging yang baik, sehingga banyak orang yang memilih jenis sapi ini untuk berqurban. Berta sapi Brahman ini rata-rata berkisar antara 500-1000 kg yang dibedakan pada usia dan jenis kelamin.

Jenis sapi qurban ini bisa Anda pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Asalkan beberapa syarat dalam islam sudah terpenuhi, maka qurban yang Anda lakukan bisa dikatakan sudah tertunaikan. 

Apakah jenis sapi qurban hanya itu saja? Tentu saja tidak. Masih ada banyak jenis sapi qurban lainnya yang dapat Anda pilih. Namun, beberapa jenis sapi di atas merupakan jenis sapi dengan kualitas daging yang sudah terpercaya sedari dulu, sehingga Anda tidak perlu lagi memastikan kualitas daging dan tinggal menentukan pilihan saja. 

Pastikan juga sebelum memutuskan jenis sapi pilihan Anda, kondisi badan dan kesehatan sapi benar-benar baik. Agar ketika sapi sudah terpilih, Anda benar-benar memilih sapi yang memiliki kualitas baik. 

Dalam mencari jenis sapi ini, tentu mencari peternakan yang pas sangatlah sulit. Namun, jika berbicara kualitas, Baqara Farm merupakan peternakan sapi yang patut Anda pilih. Selain proses pelayanan yang dijalan secara muamalah, Anda juga akan diberikan sapi dengan sehat dan sudah tentu bergizi. Segala jenis pelayanan yang diberikan juga halal, jadi tidak perlu diragukan kembali tingkat kehalalannya.

Untuk pembelian dan informasi lebih lanjut, segera klik link disini.

Post Tags :

Baqara Farm, Jenis Sapi Qurban, Sapi Qurban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Follow Us

Newsletter

Form Order

*isi sesuai data diri Anda.