fbpx

Harga Sapi Bali 2023: Jenis Hingga Tips Memilih yang Terbaik

Artikel

hewan qurban

Harga sapi bali semakin merangkak naik. Apalagi dengan mendekatnya hari raya idul adha tentu akan menambah kebutuhan masyarakat terhadap jenis sapi ini. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa sapi bali merupakan salah satu jenis sapi dengan komoditas yang baik.

Bahkan dari segi karakteristik sapi ini juga memiliki perbedaan dibanding jenis sapi lokal lainnya. Sapi ini merupakan sapi asli Indonesia yang masih memiliki kekerabatan dengan banteng atau Bibos Banteng. 

Hewan yang dijuluki dengan nama lain Balinese Cow ini disebut juga dengan  Bibos Javanicus meskipun sapi ini bukan termasuk dalam subgenus sapi bos taurus atau bos indicus. Beberapa ilmuwan seperti Payne dan Rollinson pada tahun 1973 menyebutkan bahwa sapi ini diduga berasal dari pulau bali dan didomestikasi sejak zaman prasejarah 3500 SM.

Harga Sapi Bali dari jenis-jenisnya

Sapi bali sendiri tidak hanya memiliki satu jenis jasa, melainkan ada beberapa jenisnya di pasaran. Jika didasarkan pada harga sapi bali, maka ada beberapa jenis sapi bali berikut ini. 

Sapi bali ukuran Kecil (< 300 kg)

Sapi bali ukuran kecil yang memiliki berat kuang dari 300 kg biasanya dipelihara pada daerah pedesaan. Harga rata-rata dari sapi bali ukuran kecil ini memiliki variasi antara Rp 50.000-Rp 60.000/kg di pasaran. Namun, harga sapi bali ini juga tergantung pada musim dan kondisi pasar sapi saat itu.

Sapi Bali ukuran Sedang (300 kg – 450 kg)

Sapi bali jenis ini merupakan sapi bali yang banyak diternak sebagai kebutuhan sapi perah ataupun sapi potong. Harga dari jenis sapi dengan berat ini juga bervariasi tergantung dari usia sapi, hingga kualitasnya. Harga sapi bali dengan berat ini, dijual dipasaran dengan rata-rata berkisar pada Rp 55.000 – Rp 65.000/kg.

Sapi Bali ukuran Besar (> 450 kg)

Sapi jenis ini dengan berat lebih dari 450 kg cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Hal ini dikarenakan dagingnya yang lebih berlemak dan lebih berisi. Secara umum, harga dari sapi dengan berat lebih dari 450 kg berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 70.000 per kilonya.

Lalu jika dilihat secara menyeluruh mengenai jenis sapi Bali sendiri terdapat 2  jenis sapi bali yang secara umum ada dipasaran. Beberapa jenis tersebut diantaranya adalah:

Sapi Bali Hitam

Sapi bali hitam merupakan salah satu jenis sapi bali yang memiliki kualitas daging terbaik. Namun, dari segi harga, Sapi bali ini memiliki harga yang cukup sengit. Di Indonesia sendiri harga sapi jenis ini berkisar pada Rp 45 juta hingga Rp 60 juta.

Sapi Bali Merah

Sama halnya dengan sapi bali hitam, sapi bali merah juga memiliki kualitas daging yang baik, Namun, untuk harga sapi bali jenis ini dijual lebih murah dipasaran. Yaitu berkisar pada Rp 30 juta hingga Rp 50 juta, tapi harga ini bisa berubah-ubah sesuai dengan berat dari sapi tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Sapi Bali

Harga sapi bali sendiri mengalami naik dan turun harga karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa faktor yang jelas mempengaruhi harganya dipasaran adalah sebagai berikut.

  • Kondisi Fisik Sapi
  • Usia Sapi
  • Jenis Kelamin
  • Kualitas Daging 
  • Faktor Genetik
  • Lokasi Peternakan
  • Ketersediaan Pasokan

Namun, Harga dari sapi jenis ini memiliki variasi yang banyak tergantung dari kebijakan juga strategi bisnis yang digunakan oleh peternakan tersebut. Oleh karena itu, faktor-faktor diatas tidak bisa dijadikan sebagai patokan.

Perbedaan Sapi Bali F1 dan Sapi Bali Murni

Sapi bali yang saat ini banyak masyarakat kenali adalah sapi bali murni. Namun, jenis sapi bali ini juga memiliki jenis lain yaitu sapi bali F1. Lalu apa yang membedakan? 

  • Asal-usul, sapi bali murni sudah tentu berasal dari Bali, Indonesia. Semnatar sapi bali F1 sendiri merupakan hasil persilangan sapi bali dengan ras sapi lainnya seperti sapi Brahman dan Ongole. 
  • Sifat fisik, Sapi bali murni cenderung memiliki postur tubuh yang kecil dan sedang. Sementara sapi bali F1 memiliki ukuran yang bervariasi tergantung dari ras sapi lain yang dipersilangkan. 
  • Kualitas Daging, jika sapi bali murni memiliki daging yang cenderung lembut dan memiliki aroma khas, maka sapi bali F1 memiliki daging yang cenderung berotot dan keras. 
  • Harga Sapi bali murni memiliki nilai budaya yang cukup tinggi karena dahulu oleh masyarakat bali digunakan sebagai acara adat. Tentu harga yang diberikan cukup tinggi. Namun, berbeda dengan sapi bali F1 yang harganya bervariasi, tergantung dari jenis ras sapi dan kondisi pasar. 

Tips Memilih Sapi Bali

  • Pilih sapi bali yang kondisi fisiknya sehat dan kuat.
  • Perhatikan juga ukuran sapi dan berat badannya.
  • Pilihlah sapi dengan postur tubuh yang baik.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi gigi sapi.
  • Pilih sapi dari peternakan yang terpercaya.
  • Cek riwayat kesehatan sapi.
  • Pastikan harga sapi bali sesuai dengan kondisi dan kualitas sapi.tips memilih sapi bali.
  • Pilih sapi dengan usia minimal 2 tahun.

Memilih harga sapi bali yang pas terutama untuk berkurban memang tidak bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi mengingat jika di peternakan, harga sapi tersebut bervariasi dan disesuaikan dengan jenis pelayanan. Namun, jika Anda mencari harga sapi bali terbaik dan memiliki kualitas pelayanan terbaik, Baqara Farm bisa menjadi solusi berkurban Anda dengan sapi bali berkualitas. Jadi, percayakan pengalam berkurban sapi bali dengan peternakan Baqara Farm, untuk promo dan informasi lebih lanjut dapat segera klik link disini.

Post Tags :

Baqara Farm, Harga sapi bali, Sapi bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post

Follow Us

Newsletter

Form Order

*isi sesuai data diri Anda.